Breaking News

Jatuh Cinta Berkali - Kali

Ibunya anak - anak bareng anak gadisnya saat makeup di Dian YankYank pada momen Pelepeasan Siswa Kelas IX di MTS Negeri 1 Kota Serang, Provinsi Banten, Selasa 23 Mei 2023. Dok/Foto:Pribadi

Cinta mesti dirawat agar tidak tersangkut kawat, apalagi kawat berduri yang akan membuat luka dan berdarah.

Dalam buku Taman - Taman Orang Jatuh Cinta karangan Ibnu Qayyim Al-Jauziah, disana dijelaskan panjang lebih soal psikologi orang yang jatuh cinta.

Lalu ada juga Abu Hamid Muhammad bin Muhammad Al-Ghazali dalam kitab monumentalnya Ihyâ’ Ulûmiddîn menjelaskan satu bab khusus tentang cinta (mahabbah).

Belum lagi para penyanyi, ahli sastra juga membahas soal cinta. Tidak ketinggalan Raja Dangdut Rhoma Irama pun membuat lagu khusus cinta yang berjudul Lagi - Lagi Cinta.
Memang soal cinta ini tema yang menjalar ke sendi - sendi jiwa manusia, cinta juga mengalir ke tubuh setiap manusia. Oleh karena itu wajar kalau orang menjadi semangat karena cinta, rela berkorban juga karena alasan cinta.
Dan tema ini akan dibahasa sampai kapan pun. Kata ini juga masuk ke dada setiap manusia, tanpa terkecuali, apakah itu orang miskin, kaya, pejabat, orang biasa, wanita, pria, remaja maupun orangtua.
Pada sisi lain manusia kecenderungannya memiliki rasa bosan termasuk dengan pasangannya termasuk soal cinta. Dan ini berlaku bukan bagi mereka yang masih remaja, ini juga menjangkit pasangan yang sudah puluhan tahun.

Fakta bahwa banyak perceraian adalah karena gagal memaknai cinta dan ketidaksabaran merawat cinta.


Oleh karenanya cinta tidak ditanam lalu dibiarkan tanpa ada perawatan. Dia harus dipupuk, disiram dan diberi nutrisi agar tetap tumbuh beseri, subur, enak dipandang sehingga tidak membosankan.

Kalau tidak, kecenderungan bosan ini akan menjadi hama yang bisa memakan cinta itu sendiri. Oleh karena itu laki - laki atau suami harus jatuh cinta berkali - kali kepada wanita yang sama.

Oleh karena itu, cinta mesti dirawat agar tidak tersangkut kawat, apalagi kawat berduri yang akan membuat luka dan berdarah.

Sayangnya tidak ada teori baku soal perawatan cinta bagi pasangan karena setiap kita memiliki cerita yang berbeda, fikiran dan latarbelakang yang berbeda dan ini berpengaruh terhadap cara perawatannya. Seperti halnya bunga, beragam jenis bunga dan beragam pula cara perawatannya.

Ada bunga Anggrek yang dia sangat sensitif, butuh tangan terampil dan kelembutan hati bagi yang merawatnya. Ada yang perawatannya cukup mudah, cukup disirami setiap pagi dan sore hari.

Ada pula yang mesti dipangkas ujung daunnya agar daun tetap berseri. Ada yang cukup di dalam ruangan, tapi ada pula yang harus terkena sinar matahari.

Kira - kira seperti itulah merawat cinta kita dengan pasangan kita. Teori yang dilakukan orang lain belum tentu cocok untuk kita terapksan dalam kehidupan. Namun prinsipnya adalah bagaimana kita bisa jatuh cinta berkali - kali kepada wanita yang sama. ***

Type and hit Enter to search

Close