Breaking News

Kiat-Kiat Tetap Semangat Bekerja pada Bulan Ramadhan


Ketika berbuka puasa sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi yang manis dulu seperti kurma untuk mengembalikan tenaga.

ANABERITA.COM, Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan semoga semua aktivitas kita dinilai sebagai ibadah oleh Allah SWT. Meskipun demikian bagi kita yang bekerja banyak sekali rintangan dan hambatan yang akan membuat kinerja kita menjadi menurun.

Ada beberapa kiat agar kita bisa selalu bugar dan semangat dalam menjalankan pekerjaan kita sehari-hari.

1.Niat
Sebelum kita berpuasa tentu saja kita harus mengucapkan niat dalam hati bahwa kita akan melaksanakan puasa pada hari ini. Selain niat berpuasa ketika kita berangkat bekerja niatkan hati kita untuk bekerja karena mencari Ridho dari Allah SWT.

2.Sahur dan berbuka dengan konsumsi makanan bergizi seimbang  
Ketika sahur sebaiknya konsumsi lebih banyak protein dan hindari terlalu banyak konsumsi makanan yang banyak mengandung gula karena gula memang sangat mudah membuat kita menjadi kenyang akan tetapi hanya untuk beberapa jam saja dan setelah 1 – 2 jam tubuh kita akan merasa lapar lagi. 

Sebaliknya ketika berbuka puasa sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi yang manis dulu seperti kurma untuk mengembalikan tenaga. Lebih bagus lagi ditambah juga dengan suplemen/vitamin penambah stamina tubuh.

3.Minum air putih yang cukup
Minum air putih yang cukup ketika sahur dan berbuka puasa sangat dianjurkan untuk menghindari dehidrasi. Disamping minum air putih yang cukup sebaiknya kita menghindari makanan dan minuman yang mengandung cafein. 

Meskipun cafein mampu membuat kita tidak mengantuk selama bekerja akan tetapi selama menjalankan ibadah puasa, cafein akan membuat asam lambung naik dan juga mual.

4.Mengatur kembali jadwal tidur
Apabila sebelum berpuasa kita sering tidur larut malam, alangkah baiknya selama menjalankan ibadah puasa ini jangan lagi tidur terlalu malam, agar ketika menjalankan sahur badan sudah bugar. 

Selain itu setelah menjalankan sahur hindari juga tidur kembali agar ketika pagi dan akan menjalankan aktivitas badan kita tidak terasa lemas. Sebaiknya setelah sahur gunakan waktu yang ada untuk beraktivitas ringan seperti bersih-bersih atau jalan-jalan di sekitar rumah kita.

5.Jangan terlalu banyak duduk
Ketika melakukan aktivitas pekerjaan, kebanyakan kita mengerjakannya sambil duduk, apalagi bagi kita yang memang pekerjaannya didepan komputer. 

Oleh sebab itu untuk merilekskan tubuh, sebaiknya setiap beberapa waktu kita berdiri dan jalan sejenak baru melakukan aktivitas kembali.

6.Olah raga ringan
Meskipun menjalankan ibadah puasa, olah raga tetap harus dilaksanakan agar tubuh tetap fit. Lakukan olah raga ringan saja seperti yoga atau jalan kaki bukan olah raga berat yang justru membuat kita mengeluarkan energi terlalu banyak.

7.Tingkatkan amal ibadah
Bulan puasa penuh berkah ini perbanyak kegiatan ibadah terutama di sela-sela pekerjaan kita contohnya lebih banyak membaca ayat suci Al-Quran, bersedekah dan amalan baik lainnya.

Demikian kiat-kiat bekerja pada saat menjalankan ibadah puasa, semoga bermanfaat. 

Penulis: 
Andi Ratna Widowati

0 Komentar

Type and hit Enter to search

Close